Ulasan Anime Koe de Oshigoto: Jalan Awal Sebagai Seiyu Eroge

Anime tentang industri anime? Ada Shirobako. Anime tentang doujinshi? Ada pesta komik. Anime Uber Otaku? Ada Genshiken. Anime Uber Seiyu? Ada seiyuu sore dan nomor girly. Cukup banyak anime yang menceritakan tentang para aktor di industri kreatif. Tapi bagaimana dengan “sisi lain” dari industri kreatif? Maka anime Koe de Oshigoto siap mengisi celah ini dimana anime ini menceritakan sisi dunia Seiyu Eroge.

Anime Koe de Oshigoto! sendiri merupakan adaptasi anime dari buku komik dengan nama yang sama. Komik ini dibuat oleh Azure Konno dan diterbitkan melalui majalah Comic Gum dari tahun 2008 hingga 2013. Adaptasi animenya sendiri diproduksi oleh Studio Gokumi yang dirilis pada tahun 2010 dan 2011. Penasaran seperti apa dunia Seiyu Eroge? Yuk simak ulasan berikut ini.

premis cerita

Koe de Oshigoto

Seorang siswa SMA bernama Kanna Aoyagi mendapat kesempatan besar untuk menjadi pengisi suara di sebuah perusahaan game. Pada ulang tahunnya yang ke-16, Kanna menerima tawaran dari kakak perempuannya untuk bekerja sebagai pengisi suara di perusahaan game mereka bernama Blue March. Perusahaan game ini mengkhususkan diri dalam membuat game Eroge.

Kanna sendiri enggan mengambil peran ini karena dia masih tidak tahu ingin menjadi apa di masa depan dan dia masih terlalu polos untuk menjadi Seiyu-Eroge. Namun setelah melalui banyak pertimbangan, Kanna akhirnya memutuskan untuk menerima tawaran tersebut. Dengan karakternya yang polos dan bahkan “tidak berpengalaman”, bagaimana Kanna bisa mengenal karakter yang AKAN dia suarakan? Ini adalah kisah awal Kanna sebagai seiyu-eroge.

Permulaan Seorang Seiyu Eroge

Koe de Oshigoto

Sesuai dengan tema cerita, anime ini menceritakan perjalanan awal menjadi seorang Eroge Seiyu bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman di dunia seiyu maupun “pengalaman asli”. Penonton akan mengikuti kisah seorang siswa bernama Kanna, yang cukup polos dan pemalu, dia mendapat kesempatan langsung untuk menjadi artis dubbing, tetapi untuk permainan eroge. Tidak terlalu banyak momen seru atau sedih dalam cerita itu sendiri karena anime ini juga merupakan OVA 2 episode sehingga ceritanya sendiri tidak terlalu sulit. Bahkan, saya menganggap anime ini lebih merupakan anime komedi daripada anime seiyu eroge. Karena anime ini lebih banyak menceritakan H-scene yang komedi.

Contoh momen yang saya suka dari anime ini adalah ketika Kanna harus berakting dalam sebuah adegan untuk meminum cairan tertentu. Namun, karena dia “tidak memiliki pengalaman”, Kanna diminta untuk memerankan adegan tersebut sambil mencicipi susu kental manis di jarinya. Saya sendiri baru tahu ada model seperti itu, jadi saya melakukan sulih suara. Tapi melihat pemandangan ini sudah cukup membuatku tertawa. Karena aku juga tidak mengharapkannya dan begitu juga ekspresi wajah Kanna, yang berubah 180 derajat dari dirinya yang sebenarnya. Lalu bagaimana dengan perkembangan karakter Kanna dan karakter lainnya?

Karakter Penuh Tawa

Koe de Oshigoto

Karena anime ini merupakan anime OVA 2 episode, maka pengembangan karakternya sendiri tidak terlalu terasa. Tidak ada momen indah, sedih, atau indah. Semuanya terasa datar dan tidak terlalu mempengaruhi perkembangan karakter pendukung selain Kanna. Anime ini memiliki banyak karakter pendukung, hanya saja kebanyakan hanya eksis. Karena itu, anime ini terasa lebih fokus pada karakter Kanna sebagai Eroge Seiyu yang baru. Meski begitu, karakter minor yang ada di sini cukup untuk menghidupkan cerita anime ini dengan kekonyolan dan humornya. Misalnya, apakah Kanna punya waktu untuk menanyakan apakah “cairan” yang diminum karakternya “benar-benar enak”? Karakter pendukung segera memungkinkannya untuk “mencicipi secara langsung”.

Ya, anime ini sejujurnya cukup eksplisit dalam menyajikan lelucon tentang dunia H dan menurut saya itu membuat anime ini lucu, terutama ketika karakter utama Kanna polos dan pemalu. Agak lucu melihat orang menjelaskannya secara eksplisit kepada wanita yang tidak mengerti apa-apa. Meski begitu, anime ini masih terasa relevan dalam hal animasi bahkan di era anime saat ini.

Comments (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.